life is simple, Enjoy it!!

Friday, 27 June 2014

Matematika Konstekstual

Laporan Matematika Konstekstual

"Uji kualitas pak Danardono"




Disusun oleh:
Ryon Natalius                             12/334752/PA/14983
Rif’atunnisa                                13/347502/PA/15268
Obed Adiprasetya Budiman      13/347560/PA/15305
Abu Bakar                                  13/356780/PA/15310
Lisa Almira                                 13/347577/PA/15314



FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA
2013




DAFTAR ISI
·         PENDAHULUAN...............................................................
     Permasalahan..................................................................
     Rumusan Masalah..........................................................
     Tujuan..............................................................................
  • METODOLOGI....................................................................
     Populasi ...........................................................................
     Sampel..............................................................................
     Variabel............................................................................
     Cara Pengumpulan data.................................................
  • STATISTIK DATA................................................................
     Tabel..................................................................................
     Chart.................................................................................
  • ANALISA DATA ...................................................................
  • KESIMPULAN......................................................................















BAB I
PENDAHULUAN

A.  Permasalahan
Dalam perkuliahan saat ini, terdapat beberapa tipe dosen yang mengajar. Dimulai dari dosen killer hingga dosen favorit.
Di Fakultas MIPA UGM, terdapat berbagai macam dosen. Salah satunya adalah Bapak Danardono atau yang lebih sering dipanggil dengan Bapak Dandon. Dalam rumor yang beredar, beliau merupakan salah satu dosen favorit di Fakultas MIPA. Apakah hal itu benar?
Untuk mengetahui kebenaran rumor tersebut, kelompok kami melakukan observasi kepada sebagian mahasiswa yang diampu oleh Bapak Dandon. Berikut ini adalah hasil observasi kelompok kami.

B.  Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang diambil adalah:
1.      Bagaimana kualitas pengajaran Bapak Danardono selama ini?
2.      Apa saja kelebihan Bapak Danardono di mata mahasiswa?
3.      Apa saja kekurangan Bapak Danardono di mata mahasiswa?
4.      Apa saja saran yang diberikan kepada Bapak Danardono?

C.  Tujuan
Tujuan dari observasi ini adalah:
1.      Mengetahui kualitas pengajaran Bapak Danardono.
2.      Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Bapak Danardono di mata mahasiswa.
3.      Untuk memberikan saran yang diberikan kepada Bapak Danardono.


BAB II
METODOLOGI

A.  Populasi
       Populasi yang kelompok kami ambil adalah mahasiswa Fakultas MIPA UGM yang diajari oleh Bapak Danardono.

B.  Sampel
       Sampel yang kelompok kami ambil adalah mahasiswa di kelas Ke-MIPA-an MMB1000. Rata – rata berusia 17-18 tahun, tahun ajaran pertama semester satu.

C.  Variabel
Variabel bebas        : Pendapat mahasiswa MIPA
Variabel terikat       : Kualitas pengajaran Bapak Danardono

D.  Cara Pengumpulan Data
Penelitian ini berjenis kualitatif, dimana datanya sebagian besar merupakan data kualitatif (berupa uraian dan paparan) yang berasal dari hasil pembagian angket.
Metode yang digunakan adalah dengan membagikan angket kepada mahasiswa ke-MIPA-an MMB1000 yang disebar secara merata. Angket ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dan sebagai media informasi.
Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data deskriptif, baik deskriptif kuantitatif maupun kualitatif.
Teknik deskripitif kuantitatif dilakukan dengan cara menyajikan data berupa angka-angka dalam bentuk prosentase pendapat responden dan menjumlah susunan fakta-fakta atau data yang diperoleh secara sistematis. Sedangkan, teknik deskriptif kualitaif dilakukan dengan cara mengungkapkan data-data yang diperoleh secara sistematis dalam simpulan yang disusun atas kata-kata dan kalimat-kalimat.
BAB III
STATISTIK DATA

A.   Tabel
Kualitas pengajaran Pak Danardono
No
Pilihan
Responden
1
A. Sangat Baik
1
2
B. Baik
36
3
C. Cukup
13
4
D. Kurang
3
5
E. Sangat Kurang
0
jumlah
53

Kelebihan Pak Danardono
No
Pilihan
Responden
1
A. Slidenya Inspiratif
4
2
B. Mampu Membawa Suasana Perkuliahan
7
3
C. Genius
11
4
D. Menjelaskan materi dengan baik
24
5
E. Lain – lain
7
Jumlah
53



Kekurangan Pak Danardono
No
Pilihan
Responden
1
A. Membosankan
15
2
B. Kurang Memahami Materi
0
3
C. Kurang Soal
27
4
D. Killer
0
5
E. Memberikan presentasi di akhir semester
1
6
F. Lain - lain
10
Jumlah
53

B.  Chart
“Kualitas pengajaran Pak Danardono”






“Kelebihan Pak Danardono dalam mengajar”

“ Kekurangan Pak Danardono dalam Mengajar ”




BAB IV
ANALISA DATA
                Berdasarkan Data yang kami peroleh dapat diketahui bahwa reputasi Pak Danardono sebagai dosen favorit cukup terbukti karena mayoritas sample mahasiswa menilai kualitas Pak Danardono dengan pilihan “baik (36 responden)” diikuti dengan “cukup (13 responden)”. Selain itu data statistik yang diperoleh semakin membuktikan reputasi tersebut, dimana kelebihan beliau adalah “Mampu menjelaskan materi  dengan baik” yag merupakan salah satu kriteria terpenting untuk menjadi seorang pengajar.
                Tidak ada gading yang tak retak, perumpamaan tersebut mungkin tepat diberikan pada siapapun di dunia ini tidak terkecuali dengan beliau, data statistik yang kami peroleh membuktikan bahwa responden menilai kekurangan yang dimiliki beliau terletak pada “Kurangnya pemberian soal” hal ini sangat lumrah diberikan oleh para responden yang baru saja meninggalkan bangku SMA secara di SMA kita dilatih untuk lebih mengerjakan soal dan terkadang tidak terlalu mementingkan kegunaan teori yang diajarkan( khususnya matematika, misal : Apakah kegunaan logaritma untuk kehidupan sehari-hari ). lalu kekurangan yang tak kalah penting disampaikan adalah “ Membosankan dengan kata lain kurang bisa membawa suasana “ interaksi ke mahasiswa kurang sehingga dosen secara tak sengaja seperti berbicara sendiri tanpa memperhatikan apakah mahasiswa memperhatikan atau tidak
                Dengan diketahui kelebihan dan kekurangan dari beliau, mayoritas responden memberikan saran kepada beliau
  1. Diurutan pertama adalah untuk memberikan lebih banyak soal
  2. Diurutan kedua adalah lebih diperbanyak interaksi dengan mahasiswa mungkin dengan diberikan sesi tanya-jawab dengan mencari topik yang menarik untuk mahasiswanya


BAB V
KESIMPULAN


            Jadi meskipun kita ketahui beliau memiliki beberapa kekurangan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa secara keseluruhan kinerja beliau dalam mengajar bisa dikatakan baik, namun alangkah lebih baik lagi kedepannya beliau mencoba untuk memperbaiki kekurangan melalui beberapa saran yang diberikan oleh mahasiswa dengan begitu kedepannya bukan tidak mungkin Pak Danardono akan menjadi dosen yang lebih baik ketimbang sekarang.

No comments:

Post a Comment